Sabtu, 10 Maret 2012

Cara Membuat Template


Cara Membuat Template Blogger

Cara Membuat Template Blogger

Cara membuat template blogger sendirisebenarnya banyak cara bisa memakai software generator template yang utamanya menampilkan visual ataupun dengan manual. Kalau blogger sragen sendiri dalam membuat template blogger menggunakan cara manual dan biasanya saya kerjakan di notepad++.
Sebelumnya saya pernah menyinggung pula cara membuat template blogspot sendiri namun ternyata masih banyak juga yang mengeluh tentang apa yang saya tuliskan. Sebenarnya niat saya share cara membuat template blogger sendiri tersebut adalah cara dimana bisa menarik anda untuk belajar dan mencoba bukan hanya menerima.
Makanya kadang saya pada teman-teman yang sering bertanya kepada saya, cukup dengan ketawa atau mengejeknya. Sebenarnya bukan maksud saya merendahkan namun hanya menekankan mereka untuk bisa mengenali masalah mereka, mencari solusi dan mencoba. Misal saja, ada masalah dinamis h1, trus saya kasih scriptnya langsung, maka dia tinggal masang. Eh tak tahunya bentar lagi nanya dinamis meta tag, eh bentar lagi nanya breadcrumb dll. Beberapa masalah yang saya tulis tersebut sebenarnya cukup tahu tentang finction IF dalam template XML blogger. Dan jika anda mengerti maka anda tak perlu bertanya lagi, itulah mengapa kadang saya memberikan setengah setengah di tutorial yang saya tulis. Jujur hanya ingin anda bisa berkreasi sendiri bukan untuk menyusahkan atau tidak mau memberikan caranya. Jika ketemu saya langsung silahkan bertanya saya ndak akan menyembunyikan apapun asal memang berguna bagi semuanya.
Membuat template blogger sendiri sudah saya jelaskan begitu mudah. Sampai sampai saya menuliskan distatus facebook untuk membuat template blogspot modern pakai XML hanya membutuhkan 600 karakter / huruf. Mustahil kah? TIDAK. Tapi apakah memang benar hanya 600 huruf? Itulah kecanggihan CMS google, dia menyembunyikan fungsi fungsi yang bisa kita panggil dan kita juga tidak harus mengetahui isinya tapi harus mengerti kegunaannya.
Untuk anda yang kepingin belajar membuat template blogger bersama saya jangan mengeluh, dan harus mempelajari beberapa yang wajib anda ketahui.
Beberapa poin itu wajib anda ketahui, kalau bisa malah di mengerti biar saat mencoba tidak begitu mengalami masalah. Poin lain untuk mendukung misalnya
  • Schema
  • Javascript
  • Jquery
  • Parameter link
Dari sini saya tanya dulu ke anda yang kadang mengaggap saya membohongi tentang membuat template blogspot ini. Malah malah dengan kata kata kotor dalam komentar, sudahkan anda menguasainya semua? Kalau belum ayo belajar bareng, tidak usah pakai emosi. Dan itu kayaknya malah lebih berguna, energi digunakan untuk hal positif daripada dibuang untuk mencemooh orang.
Untuk belajar dasar pembuatan template blogspot sebenarnya hanya ada 2 section 2 Widget ditambah Skin serta Meta tag. Nah saya akan mengungkap sedikit kode untuk membuat template blogger paling sederhana seperti berikut
  1. <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
  2. <html xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
  3. <head>
  4. <title><data:blog.pageTitle/></title>
  5. <b:skin><![CDATA[]]></b:skin>
  6. </head>
  7. <body>
  8. <b:section class='html' id='html' showaddelement='yes'>
  9. <b:widget id='HTML1' locked='false' title='HTML1' type='HTML'/>
  10. </b:section>
  11. <b:section class='blog' id='blog' showaddelement='no'>
  12. <b:widget id='Blog1' locked='false' title='Posting Blog' type='Blog'/>
  13. </b:section>
  14. </body>
  15. </html>
Itu kode dasar untuk membuat template blogspot sendiri. Keterangan detail tentang hal tersebut silahkan tunggu artikel selanjutnya bersama Blogger Sragen. Selamat berkarya :D

Sumber : ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

 

Selamat Datang

Selamat datang di Power Science, saya harap anda senang dan bisa mendapatkan apa yang anda cari di blog ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya iniSelengkapnya tentang Saya

Sepintas Tentang Saling Sharing

Nama saya Erlangga Yudian Pratama saya seorang yang senang berbagi. tadinya saya adalah pemilik blog Ilmu tetapi tidak tahu apa yang terjadi saya kehilangan account blog tersebut dikarenakan kejahilan seseorang. :D

Social Stuff

Info